-->

Cara Scan Dokumen Dengan Printer

Cara Scan Dokumen dapat dilakukan dengan alat scanner pada umumnya atau anda bisa menscan dokumen dengan printer scanner. Bagaimana caranya ?Sesaat lagi sinaukomputer.net akan berbagai tutorial bagaimana cara scan dokumen menggunakan printer.Masih bersama sinaukomputer.net, bahas seputar tips dan trik cara penggunaan komputer, aplikasi dan perangkat yang berhubungan dengan keduanya. 

Kali ini kita akan belajar bagaimana cara scan dokumen dengan menggunakan printer. Sudah siap ?Tunggu dulu, sebelumnya simak dulu penjelasan singkat mengenai tujuan orang melakukan scan. Mengapa berkas perlu discan ?

Cara Scan Dokumen Dengan Printer


Oke, ada banyak tujuan mengapa dokumen atau brkas perlu dscan.

1. Pertama biasanya karena keperluan pengiriman file dalam waktu yang cepat
2. Untuk sarana dokumentasi, agar tidak rusak jadi discan
3. Membuat file digital untuk sebuah keperluan tertentu.

Pada jaman saya, paling banyak adalah untuk mendafatar di sebuah instansi atau melamar pekerjaan yang dikirim melalui surat elektronik atau email. Lampiran ijazah dan transkrip nilai tentu saja harus discan.

Alat Scan Atau Scanner

Pada mulanya alat scan hanya khusus dilakukan memang untuk scan saja. Namun kini, perkembangan teknologi membawa kita pada kemudahan dan serba canggih. Printer yang kita kenal berfungsi untuk printing.

Sekarang disulap menjadi benda yang multi fungsi. Printer bisa untuk fotocopy, scan dokumen, dan bahkan untuk kirim fax.

Sekarang saya yakin, banyak di kantor - kantor. Khususnya sekolahan banyak printer jenis ini. Namun apakah anda sudah tahu bagaimana cara scan dokumen dengan printer ini ? Kalo belum bisa, tepat sekali. Anda haru baca dan pelajari caranya sesaat lagi.

Coba Cek :


Cara Scan Dokumen Dengan Printer

Pertama yang anda harus lakukan adalah siapkan printer yang memang jenis printer scanner. Bukan printer biasa yah. Kedua siapkan komputer atau laptop anda tentu saja di dalam laptop yang anda siapkan sudah teristal printer tadi. Jadi mesti konek dulu yah.

Kalo sudah mari kita mulai 

1. Hubungkan kabel printer dengan komputer (Kabel USB)
2. Nyalakan printer dengan menekan tombol ON
3. Nyalakan komputer anda.
4. Siapkan dokumen yang akan anda scan. Saya akan memberikan contoh menggunakan KTP
5. Buka penutup scaner pada printer anda dan letakan dokumen tersebut menghadap kebawah. Tulisan berada di bawah

cara scan dokumen dengan printer

6. Kemudian tutup penutup scaner
7. Setelah itu lihat di komputer anda jalankan program "windows fax adn scan". Buka di all program ini adalah program default dari windows

cara scan dokumen dengan printer

8. Setelah anda masuk ke jendela fax and scan di komputer anda. 
9. Klik "New Scan" yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu akan tampil jendela pengaturan scan

Cara Scan Dokumen Dengan Printer

10. Untuk "profil" dan "sourch" anda biarkan saja. Untuk format anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan anda. Sedangkan file type pilih saja JPG. Resolusi anda pilih 300 biar jelas gambarnya.
11. Sebelum anda klik scan. Ada baiknya anda lihat preview nya terlebih dahulu dengan klik "preview".
12. Dari sini kita bisa melihat hasilnya dan dapat juga mengatur file hasilnya.
13. Hilangkan tanda centang pada kontak yang bertuliskan "Preview or scan image as sparate files" agar anda bisa mengatur halaman yang akan kita scan saja yang ikut tersecan.

Cara Scan Dokumen Dengan Printer

14. Setelah anda srasa pas dan cukup. Silahkan klik "sacan" untuk mulai menscan dokumen

Cara Scan Dokumen Dengan Printer

15. Tunggu saja sampai proses scan selesai
16. File akan otomatis tersimpan di dalam folder "Scanned Documents" yang ada di komputer anda. Anda bisa menemukanya di direktori "My Dokumen"

Cara Scan Dokumen Dengan Printer


File hasil scan anda tadi berbentuk file JPG atau image. File tersimpan di folder khusus default windows. Anda bisa carai di my dokumen.

Nah demikian tadi tutorial cara scan dokumen dengan printer. Ternyata sangat mudah dan praktis Anda dapat menscan dokumen apa saja yang anda butuhkan dengan printer scaner anda. Selain dengan printer anda juga bisa menscan dokumen dengan HP Android loooh. Mau tau caranya gimana ? Lihat selengkapnya di sini : 
Jangan lupa, baca juga berbagai macam tutorial penting terkait dengan printer yang bisa jadi bermanfaat untuk anda. Coba lihat di bawah ini :
Buat temen - temen yang berencara membeli printer, baik untuk pribadi atau untuk kebutuhan kantor atau yang lainnya. Coba lihat ulasan beberapa jenis printer canon lengkap dengan spesifikasi dan harga terbarunya. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan yang bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Scan Dokumen Dengan Printer"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel